10 Kesalahan Dalam Penulisan CV

Tuesday, June 30, 2009 metagora 0 Comments

Boss Anda telah mengganggu terakhir kalinya. Anda akan mencari pekerjaan lain dan pindah. Anda akan memandangi layar kosong komputer Anda dan mulai menulis resume Anda.

Sampai seberapa sulit sih? Kelihatannya, itu adalah tugas yang tidak bisa mudah dikerjakan. Kebanyakan resume berputar-putar di cyberspace dan di kertas sangat sulit dan biasanya hasilnya kebanyakan buruk dibanding bagus untuk calon pencari kerja prospektif. Bagaimana Anda menghindari kesalahan resume? Mari kita lihat di artikel ini untuk melihat kesalahan tersembunyi!

1. FORMAT UNDERGRAD
Jika orang menulis resumenya dalam gaya yang sama yang ia gunakan sejak lulus perguruan tinggi, ia akan kalah. Daftar riwayat hidup tua, atau block style,dengan format "Obyektifitas" dan "Pendidikan" dalam urutan daftar paling atas adalah tidak sesuai dengan seseorang yang punya pengalaman kerja profesional lebih dari 3 tahun. Jauh lebih efektif jika 3-5 garis ikhtisar kekuatan profesional Anda yang unik.

2.TAK ADA TANGGAL
Teman kita telah melompat banyak dan tidak ingin calon pemberi kerja prospektif berpikir ia menyombongkan diri. Maka ia mendaftar perusahaan tempat kerjanya dulu tetapi menghapuskan data untuk masing-masing posisi. Salah! Meninggalkan data tanggal resume Anda tentu saja akan menyebabkan alis mata naik dan membuat orang ingin tahu apa yang Anda kerjakan belakangan ini.

3. FAKTA TETAPI TIDAK SEKEDARNYA
Mr. Pencari Pekerjaan telah mendaftar tanggung-jawabnya di bawah masing-masing jabatan. Tetapi apa yang membuat dia terpisah dari kerumunan? Suatu resume yang bagus perlu meliputi prestasi dan pencapaian yang Anda telah lakukan membuat semua target terpenuhi. Misalnya meningkatkan penjualan 65% dalam enam bulan!Atau membawa 15 klien baru dengan total penagihan lebih dari US$ 100.000! Jangan takut untuk membual sedikit-- hanya saja jujur.

4.KESANA KEMARI
Para pegawai mengisi perubahan model seperti perlengkapan pertunjukan mode.Resume nya kelihatan seperti suatu kumpulan daftar pekerjaan. Jika Anda mempunyai pengalaman lebih dari satu bidang dan itu perlu untuk dimasukkan pada resume, pertimbangkan menggolongkan jenis pekerjaan bersama-sama di bawah judul spesifik seperti " Instructional/Training" atau "Customer Service/Sales."

5. FAKTOR KEBENCIAN
Jangan ungkap dibalik alasan Anda meninggalkan atau ingin meninggalkan pekerjaan. Jangan sebutkan pelecehan seksual, penuntutan perkara," atau klaim kompensasi pekerja atau pemecatan tanpa alasan jelas. Beberapa situasi lebih baik diterangkan sendiri, atau tidak sama sekali.

6. INFO PERSONAL
Tak seorangpun peduli jika Anda lajang, menikah, bisa bermain trombone, atau menikmati liga bowling. Info personal tidak perlu ditulis dalam resume. Juga termasuk usia Anda, ras, gender, atau pita biru untuk berkebun.

7. SEJARAH BERTELE-TELE
Hanya keluarga Anda yang mempunyai kesabaran untuk membaca sampai habis tiap-tiap pekerjaan yang Anda tekuni sejak di SMA. Calon pemberi kerja hanya ingin mengetahui PENGALAMAN RELEVAN yang Anda punyai dalam 10-12 tahun. Sorotilah pekerjaan yang paling terbaru dan konsolidasikan pekerjaan di masa lalu pada beberapa garis di halaman 1 atau 2.

8. JOROK
Teman kami sedang cepat-cepat menemukan suatu pekerjaan baru yang membuatnya berpikir mencetak resume pada kertas hijau atau kertas jeruk yang akan membuatnya dipanggil cepat. Ia akan dicatat-- dan kemudian dilempar ke luar lingkaran. Ada noda kopi di amplop dengan tulisan tangan juga sering menjadi alasan untuk mengembalikannya ke alamat pengirim. Jadi berhati-hatilah.

9. TIDAK ADA TARGET SESUAI-- Hanya karena pegawai bosan dengan hari itu dan ingin menemukan pekerjaan baru secepat mungkin tidaklah berarti bahwa ia perlu mengirimkan suatu resume kepada tiap-tiap iklan yang nampak dalam surat kabar Minggu! Perlu banyak waktu untuk target pekerjaan dimana Anda benar-benar punya kesempatan untuk diwawancarai. Apakah level pengalaman Anda seusia dengan apa yang diminta?

10. TIDAK ADA ALASAN UNTUK PENGIRIMAN RESUME
Sekali Anda sudah secara hati-hati memeriksa lagi resume yang ditulis untuk memastikan bahwa poin-poin yang menyolok mata tersebut di atas telah ditujukan, jangan melupakan salah satu tambahan berarti yang paling utama untuk resume yang bagus. Penutup surat. Dalam penutup surat, Anda mempunyai kesempatan untuk menyatakan mengapa Anda mengirimkan resume Anda pada perusahaan ini dan untuk apa posisi spesifik. Jangan membuat orang mengira Anda mengirimi mereka resume Anda-- untuk memperjelas hak Anda.

Good luck! (msn/irene)
(source : kapanlagi.com)

You Might Also Like

0 komentar: