10 Strategi Sukses Wawancara

Tuesday, June 16, 2009 metagora 0 Comments


Mimpi Anda mulai mendekati kenyataan ketika perusahaan yang Anda incar menyetujui proposal yang Anda ajukan. Namun, sesi wawancara akan menjadi penentu, apakah Anda bergabung atau tidak? Berikut 10 strategi sukses menjalani sesi wawancara:


  1. Pekerjaan rumah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu mengenai apa saja tentang perusahaan yang tengah Anda incar. Cari tahu lewat website perusahaan tersebut, apa visi dan misinya, strategi, peluang kompetitifnya, produk yang dihasilkan, dan sebagainya. Jika tidak ada website yang mendukung apa yang Anda butuhkan, carilah tahu di perpustakaan, departemen perindustrian dan perdagangan, atau sumber-sumber lain yang terkait.
  2. Berpacu dengan waktu. Ingat, peluang Anda hanya lima menit untuk memberi kesan positif pada pewawancara yang ingin mengetahui apa yang bisa Anda lakukan dengan perusahaan dan bukannya ingin Anda lakukan.
  3. Poin Jawaban. Anda memang akan sekadar menjawab semua sesi wawancara, dan bukannya mencari tahu dari pewawancara. Maka, siapkan sedikitnya empat poin jawaban dan solusinya yang terkait dengan bidang pekerjaan yang tengah Anda incar. Siapa tahu pewawancara akan melempar pertanyaan itu pada Anda sebagai ujian, seberapa paham Anda pada lembaga yang nantinya. Jangan lupa, siapkan juga beberapa contoh jikalau nanti diminta.
  4. Indentifikasi. Pewawancara tentu ingin memastikan bahwa perusahaan akan membayar Anda dengan imbalan sumbangsih yang bakal Anda berikan pada perusahaan. Apa kontribusi yang bisa Anda berikan, itulah yang mereka ketahui. Tunjukkan jika Anda memang layak bergabung dengan mereka sesuai keahlian yang Anda miliki.
  5. Pilihan Busana. Sekali lagi, busana pilihan Anda ikut menentukan langkah kesuksesan Anda. Pastikan Anda memahami hal ini dengan memilih busana sesuai dengan posisi jabatan yang Anda inginkan.
  6. 15 Menit sebelumnya. Terlambat di tempat wawancara adalah kesalahan besar yang mencelakakan. Jadi, pastikan Anda paling tidak sudah berada di lokasi wawancara 15 menit sebelum wawancara berlangsung.
  7. Jalin Dialog. Wawancara akan berlangsung secara dua arah. Tunjukkan rasa ingin tahu Anda dengan menjawab antusias pertanyaan yang diajukan dengan dasar saling pengertian.
  8. Berikan kebenaran. Ingat, jangan pernah berikan keterangan palsu. Berikan informasi yang Anda ketahui dengan jujur dari pertanyaan pewawancara.
  9. Jangan bicarakan gaji. Ingat, apa tujuan Anda bergabung dengan perusahaan tersebut? Apakah demi sebuah nominal gaji tertentu ataukah Anda ingin mengekspresikan aktualisasikan keterampilan Anda. Jangan terjebak dengan melakukan negosiasi gaji di sesi wawancara ini.
  10. 50 Persen peluang. Ingat, peluang Anda dalam sesi wawancara hanyalah 50 persen saja. Namun itu sudah cukup membuat Anda berharap, atau sebaliknya, memutuskan untuk mundur saja! hjc/tri

source : SURABAYA | SURYA Online -


You Might Also Like

0 komentar: