Menangkal Phising di Facebook

Tuesday, June 16, 2009 metagora 0 Comments


PHISING (penipuan online) merupakan teknik yang secara jelas merugikan pengguna internet. Teknik ini sudah ada sejak lama dan kini kian berkembang dan semakin bervariasi. Sebenarnya phising sendiri adalah suatu bentuk penipuan yang memanfaatkan kecerobohan seseorang dalam mengakses aplikasi yang ditawarkan saat mengakses situs atau juga bisa melalui email.

Serangan phising sering dijumpai di berbagai situs di internet. Namun belakangan dengan maraknya Facebook, serangan phising melalui Facebook semakin menggila. Vendor keamanan internet Kaspersky Lab mengungkapkan bahwa kode jahat yang disebarkan melalui situs jejaring sosial ini 10 kali lebih efektif menginfeksi, dibandingkan dengan distribusi malware melalui email.


Facebook yang lebih bebas memasukkan dan menambah aplikasi dari luar membuat hal ini bisa menjadi kemungkinan masuknya phising yang akan mengecoh para pengguna Facebook yang kurang berhati-hati.

“Tipuan phising dapat berhasil dengan berpura-pura menjadi sesuatu yang pada awalnya terlihat legal untuk memancing korban. Tetap waspada dan lakukan tindakan pencegahan yang tepat merupakan kunci untuk tidak masuk ke dalam perangkap mereka,” ujar David Emm, anggota Tim Penelitian dan Analisa Global Kaspersky Lab.

Ada beberapa hal untuk mengatasi serangan phising tersebut, simak tips ampuh dari Kaspersky:

  1. Untuk situs seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login, atau mengetik URL secara langsung di browser address bar.
  2. Jangan mengklik link pada pesan email.
  3. Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
  4. Mengecek akun bank Anda secara reguler dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.
  5. Cari tanda giveaway dari email phising: jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada Anda, jika Anda bukan satu-satunya penerima email, jika terdapat kesalahan ejaan, tata bahasa atau sintaks yang buruk atau kekakuan lainnya dalam penggunaan bahasa.
  6. Menginstall software untuk keamanan internet dan tetap mengupdate antivirus.
  7. Menginstall patch keamanan.
  8. Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.
  9. Berhati-hati ketika login yang meminta hak administrator.
  10. Back up data Anda.
sources : surya online

You Might Also Like

0 komentar: