Langsung ke konten utama

Hati-Hati Memilih Pakaian Saat Wawancara

Cara berpakaian pada waktu melamar pekerjaan ternyata juga bisa menentukan diterima atau tidaknya Anda. Karena bukankah cara berpakaian bisa mencerminkan kepribadian Anda?

Bagaimana cara berpakaian yang pantas dipakai interview? Coba tanya ke 100 orang, pasti mereka menjawab,” Berpakaianlah yang konservatif!”. Berikut adalah saran apa yang sebaiknya jangan dilakukan dalam berpakaian saat wawancara kerja.

Anna Soo Wildermuth, konsultan penampilan dan presiden mendatang di Association of Image Consultants Internationalmenyatakan,”Cara berpakaian adalah menunjukkan siapa diri Anda, dan itu sudah jelas,”. Ia lantas memberikan tips 10 cara penampilan yang perlu dihindari ketika tiba saat interview:

1. Cat kuku menyolok. Bagi pria dan wanita. Kuku yang terlalu panjang atau tidak dipotong sebaiknya dihindari. Kuku Anda harus terawatt dan rapi.

2. Memakai banyak perhiasan. Jangan memakai lebih dari 2 cincin di tangan atau satu anting di telinga. Jangan ada perhiasan di muka atau gelang kaki saat interview.

3. Sepatu dengan jari-jari terbuka atau sepatu sandal. Apalagi sandal…sama sekali dilarang! Sepatu yang ketinggalan jaman sebaiknya disingkirkan atau digunakan untuk kesempatan lain.

4. Kaki-kaki yang telanjang. Kenakan stoking meskipun gerah. Stoking/kaos kaki sebaiknya dengan warna netral atau senada dengan warna sepatu yang Anda pakai.

5. Jas/blazer yang ketinggalan jaman dengan kerah yang terlalu lebar atau terlalu sempit. Penjahit yang baik pasti tahu itu. Gaya untuk jaket pria seharusnya yang menutup seluruh tubuh dan jangan ketat.

6. Rok terlalu pendek. Jangan pula pernah berpikir mengenakan celana ketat saat wawancara.

Jaket Kulit untuk Pria atau Wanita: Jaket kulit tidak pantas untuk tujuan wawancara. Mereka kelihatan seperti pakaian untuk sedang santai diluar.

Turtlenecks (Kerah kura-kura) untuk pria: Memakai dasi lebih baik, sedikitnya di putaran yang pertama itu. Paling sedikit, memakai suatu kemeja yang rapi.

Tas tangan cetakan atau trendy: Dompet harus tidak menyolok mata dan konservatif.

Tas kantor Merah: Tas kantor, sepatu dan dompet perlu semuanya dalam warna konservatif dan dalam kondisi yang baik.

Warna konservatif dalam berbagai variasi biru dan abu-abu adalah yang terbaik. Memakai hitam saat wawancara bisa dipandang sebagai yang terlalu serius. Jika Anda memakai hitam, pastikan ada warna yang lain dekat wajah Anda untuk memperlunak wajah. Warna coklat masih diragukan sebagai warna bisnis, dan mungkin harus dihindarkan.

Ubahlah penampilan Anda saat wawancara dengan blus dengan warna berbeda, kemeja, selendang syal atau dasi.

Wawancara bukan tempat untuk membuat statemen pertunjukan, meskipun hal ini termasuk bidang seni dan orang terkenal bisa lebih bertualang. Semua orang itu perlu memilih untuk suatu penampilan konservatif. "Semakin banyak perusahaan sedang kembali ke pakaian profesional tradisional," kata Wildermuth.

Apapun yang Anda pakai perlu aksen yang menunjukkan fakta bahwa Anda adalah seorang profesional yang siap bekerja pada pekerjaan baru. Biarkan akal sehat memandu Anda, dan harusnya mudah untuk menghindari pakaian yang keliru yang bisa merusak kesempatan Anda mencapai tingkatan yang berikutnya di dalam proses wawancara itu. Di pasar ini, yang terpenting adalah Anda tampil baik dan penampilan Anda cocok untuk pekerjaan itu. (msn/irene)

(sources : kapanlagi.com)

Komentar

  1. Wah mantep banget tuh gan infonya

    BalasHapus
  2. semoga berguna bagi semua.. maaf masih tahap copas dari tempat lain.. cuman pengen semua ikutan mbaca...jadi bisa ikut ngrasain manfaatnya.. hehehe
    *kenapa jadi belibet gini ngumungnya*
    wkwkwkwkwkwkwk
    keep blogging guys...

    BalasHapus
  3. jangan sampai saltum, yang penting PD saja ;)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanda-tanda kecanduan komputer

Hati-hati... apakah anda kecanduan internet..?? mulai merasakan tanda-tanda di bawah ini..?? segera.. jangan tunda.. bergeraklah menuju rumah sakit terdekat.. 1.Mas kawin yang Anda minta di hari pernikahan adalah seperangkat komputer dan modem. Tunai ! 2.Bel di rumah Anda bertuliskan Click Here to continue 3.Pintu kamar mandi Anda bertuliskan This site contains Adult Material,please verify your age 4.Anda menanyakan apakah ada email baru untuk anda kepada Pak Pos yang mengantarkan kartu lebaran. 5.Mimpi anda selalu berawal dengan http://www. 6.Anda menggunakan search engine untuk mencari anak anda yang sudah tiga hari tidak pulang ke rumah. 7.Unable to locate your server !, kata Anda ketika menerima telepon salah sambung. 8.Anak-anak Anda diberi nama Joko.gov agar kelak dia jadi Pegawai negeri sipil; Susy.org agar kelak tidak jadi cewek matre; dan Tole.edu agar kelak dia jadi mahasiswa abadi. 9. Suara dengkuran Anda sudah persis mirip dengan suara Handshake modem. 10.Anda susah m...

Enterpreneurship.. No Pain... No Gain...

Dari buku yang bagus ini dapat ditarik beberapa kesimpulan yang mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi semua orang yang membaca. Terlebih lagi bagi rekan-rekan yang akan memulai usaha atau menjadi seorang enterpreneur. Saya mengambil beberapa kutipan yang saya rasa bisa menjadi cambuk untuk semua orang (termasuk saya tentunya) :) untuk menjadi seorang enterpreneur.. Beberapa kutipan dari buku karya Ping Hartono & Marlan Mardianto adalah sebagai berikut : Sebagai karyawan, kita harus menyadari akan keterbatasan wewenang dan sadar bahwa keputusan terakhir tetap berada di tangan para pemegang saham. Dalam kehidupan berkarier maupun pribadi, kita memerlukan pembimbing (coach) sekaligus teman yang bisa dipercaya untuk diajak berdiskusi. Seorang mentor yang baik adalah seperti cermin yang jujur yang bisa memberitahu kekurangan dan kelebihan anda dan membuka wawasan anda. Kebingungan tanpa keputusan akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebelum memulai sebuah usaha, fokuskan pada komp...