Langsung ke konten utama

10 Kesalahan Dalam Penulisan CV

Boss Anda telah mengganggu terakhir kalinya. Anda akan mencari pekerjaan lain dan pindah. Anda akan memandangi layar kosong komputer Anda dan mulai menulis resume Anda.

Sampai seberapa sulit sih? Kelihatannya, itu adalah tugas yang tidak bisa mudah dikerjakan. Kebanyakan resume berputar-putar di cyberspace dan di kertas sangat sulit dan biasanya hasilnya kebanyakan buruk dibanding bagus untuk calon pencari kerja prospektif. Bagaimana Anda menghindari kesalahan resume? Mari kita lihat di artikel ini untuk melihat kesalahan tersembunyi!

1. FORMAT UNDERGRAD
Jika orang menulis resumenya dalam gaya yang sama yang ia gunakan sejak lulus perguruan tinggi, ia akan kalah. Daftar riwayat hidup tua, atau block style,dengan format "Obyektifitas" dan "Pendidikan" dalam urutan daftar paling atas adalah tidak sesuai dengan seseorang yang punya pengalaman kerja profesional lebih dari 3 tahun. Jauh lebih efektif jika 3-5 garis ikhtisar kekuatan profesional Anda yang unik.

2.TAK ADA TANGGAL
Teman kita telah melompat banyak dan tidak ingin calon pemberi kerja prospektif berpikir ia menyombongkan diri. Maka ia mendaftar perusahaan tempat kerjanya dulu tetapi menghapuskan data untuk masing-masing posisi. Salah! Meninggalkan data tanggal resume Anda tentu saja akan menyebabkan alis mata naik dan membuat orang ingin tahu apa yang Anda kerjakan belakangan ini.

3. FAKTA TETAPI TIDAK SEKEDARNYA
Mr. Pencari Pekerjaan telah mendaftar tanggung-jawabnya di bawah masing-masing jabatan. Tetapi apa yang membuat dia terpisah dari kerumunan? Suatu resume yang bagus perlu meliputi prestasi dan pencapaian yang Anda telah lakukan membuat semua target terpenuhi. Misalnya meningkatkan penjualan 65% dalam enam bulan!Atau membawa 15 klien baru dengan total penagihan lebih dari US$ 100.000! Jangan takut untuk membual sedikit-- hanya saja jujur.

4.KESANA KEMARI
Para pegawai mengisi perubahan model seperti perlengkapan pertunjukan mode.Resume nya kelihatan seperti suatu kumpulan daftar pekerjaan. Jika Anda mempunyai pengalaman lebih dari satu bidang dan itu perlu untuk dimasukkan pada resume, pertimbangkan menggolongkan jenis pekerjaan bersama-sama di bawah judul spesifik seperti " Instructional/Training" atau "Customer Service/Sales."

5. FAKTOR KEBENCIAN
Jangan ungkap dibalik alasan Anda meninggalkan atau ingin meninggalkan pekerjaan. Jangan sebutkan pelecehan seksual, penuntutan perkara," atau klaim kompensasi pekerja atau pemecatan tanpa alasan jelas. Beberapa situasi lebih baik diterangkan sendiri, atau tidak sama sekali.

6. INFO PERSONAL
Tak seorangpun peduli jika Anda lajang, menikah, bisa bermain trombone, atau menikmati liga bowling. Info personal tidak perlu ditulis dalam resume. Juga termasuk usia Anda, ras, gender, atau pita biru untuk berkebun.

7. SEJARAH BERTELE-TELE
Hanya keluarga Anda yang mempunyai kesabaran untuk membaca sampai habis tiap-tiap pekerjaan yang Anda tekuni sejak di SMA. Calon pemberi kerja hanya ingin mengetahui PENGALAMAN RELEVAN yang Anda punyai dalam 10-12 tahun. Sorotilah pekerjaan yang paling terbaru dan konsolidasikan pekerjaan di masa lalu pada beberapa garis di halaman 1 atau 2.

8. JOROK
Teman kami sedang cepat-cepat menemukan suatu pekerjaan baru yang membuatnya berpikir mencetak resume pada kertas hijau atau kertas jeruk yang akan membuatnya dipanggil cepat. Ia akan dicatat-- dan kemudian dilempar ke luar lingkaran. Ada noda kopi di amplop dengan tulisan tangan juga sering menjadi alasan untuk mengembalikannya ke alamat pengirim. Jadi berhati-hatilah.

9. TIDAK ADA TARGET SESUAI-- Hanya karena pegawai bosan dengan hari itu dan ingin menemukan pekerjaan baru secepat mungkin tidaklah berarti bahwa ia perlu mengirimkan suatu resume kepada tiap-tiap iklan yang nampak dalam surat kabar Minggu! Perlu banyak waktu untuk target pekerjaan dimana Anda benar-benar punya kesempatan untuk diwawancarai. Apakah level pengalaman Anda seusia dengan apa yang diminta?

10. TIDAK ADA ALASAN UNTUK PENGIRIMAN RESUME
Sekali Anda sudah secara hati-hati memeriksa lagi resume yang ditulis untuk memastikan bahwa poin-poin yang menyolok mata tersebut di atas telah ditujukan, jangan melupakan salah satu tambahan berarti yang paling utama untuk resume yang bagus. Penutup surat. Dalam penutup surat, Anda mempunyai kesempatan untuk menyatakan mengapa Anda mengirimkan resume Anda pada perusahaan ini dan untuk apa posisi spesifik. Jangan membuat orang mengira Anda mengirimi mereka resume Anda-- untuk memperjelas hak Anda.

Good luck! (msn/irene)
(source : kapanlagi.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati-Hati Memilih Pakaian Saat Wawancara

Cara berpakaian pada waktu melamar pekerjaan ternyata juga bisa menentukan diterima atau tidaknya Anda. Karena bukankah cara berpakaian bisa mencerminkan kepribadian Anda? Bagaimana cara berpakaian yang pantas dipakai interview? Coba tanya ke 100 orang, pasti mereka menjawab,” Berpakaianlah yang konservatif!”. Berikut adalah saran apa yang sebaiknya jangan dilakukan dalam berpakaian saat wawancara kerja. Anna Soo Wildermuth, konsultan penampilan dan presiden mendatang di Association of Image Consultants Internationalmenyatakan,”Cara berpakaian adalah menunjukkan siapa diri Anda, dan itu sudah jelas,”. Ia lantas memberikan tips 10 cara penampilan yang perlu dihindari ketika tiba saat interview: 1. Cat kuku menyolok. Bagi pria dan wanita. Kuku yang terlalu panjang atau tidak dipotong sebaiknya dihindari. Kuku Anda harus terawatt dan rapi. 2. Memakai banyak perhiasan. Jangan memakai lebih dari 2 cincin di tangan atau satu anting di telinga. Jangan ada perhiasan di muka atau gelang kaki sa...

Tanda-tanda kecanduan komputer

Hati-hati... apakah anda kecanduan internet..?? mulai merasakan tanda-tanda di bawah ini..?? segera.. jangan tunda.. bergeraklah menuju rumah sakit terdekat.. 1.Mas kawin yang Anda minta di hari pernikahan adalah seperangkat komputer dan modem. Tunai ! 2.Bel di rumah Anda bertuliskan Click Here to continue 3.Pintu kamar mandi Anda bertuliskan This site contains Adult Material,please verify your age 4.Anda menanyakan apakah ada email baru untuk anda kepada Pak Pos yang mengantarkan kartu lebaran. 5.Mimpi anda selalu berawal dengan http://www. 6.Anda menggunakan search engine untuk mencari anak anda yang sudah tiga hari tidak pulang ke rumah. 7.Unable to locate your server !, kata Anda ketika menerima telepon salah sambung. 8.Anak-anak Anda diberi nama Joko.gov agar kelak dia jadi Pegawai negeri sipil; Susy.org agar kelak tidak jadi cewek matre; dan Tole.edu agar kelak dia jadi mahasiswa abadi. 9. Suara dengkuran Anda sudah persis mirip dengan suara Handshake modem. 10.Anda susah m...

Enterpreneurship.. No Pain... No Gain...

Dari buku yang bagus ini dapat ditarik beberapa kesimpulan yang mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi semua orang yang membaca. Terlebih lagi bagi rekan-rekan yang akan memulai usaha atau menjadi seorang enterpreneur. Saya mengambil beberapa kutipan yang saya rasa bisa menjadi cambuk untuk semua orang (termasuk saya tentunya) :) untuk menjadi seorang enterpreneur.. Beberapa kutipan dari buku karya Ping Hartono & Marlan Mardianto adalah sebagai berikut : Sebagai karyawan, kita harus menyadari akan keterbatasan wewenang dan sadar bahwa keputusan terakhir tetap berada di tangan para pemegang saham. Dalam kehidupan berkarier maupun pribadi, kita memerlukan pembimbing (coach) sekaligus teman yang bisa dipercaya untuk diajak berdiskusi. Seorang mentor yang baik adalah seperti cermin yang jujur yang bisa memberitahu kekurangan dan kelebihan anda dan membuka wawasan anda. Kebingungan tanpa keputusan akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebelum memulai sebuah usaha, fokuskan pada komp...