Resiko Pekerja Komputer

Wednesday, June 03, 2009 metagora 0 Comments

RSI ( Repetitive stress Injury )

Disebut juga cedera stress yang berulang-ulang. RSI terjadi ketika sekelompok otot dipaksa melakukan tindakan yang berulang-ulang dan dengan beban yang tinggi (seperti tennis) atau puluhan ribu kali perulangan dengan beban yang ringan (seperti bekerja dengan keyboard komputer).

Penyebab terbesar dari RSI adalah keyboard komputer. Jenis RSI yang terkait dengan komputer adalah CTS (Carpal Tunnel Syndrome), yaitu adanya tekanan pada saraf tengah yang melewati struktur tulang pergelangan, yang disebut Carpal Tunnel, yang menimbulkan rasa nyeri. Tekanan tersebut disebabkan oleh pengulangan yang konstan dari aktivitas menekan tombol keyboard. Gejala CTS adalah mati rasa, nyeri yang menyentak, ketidakmampuan memegang benda, dan kesemutan.

RSI dapat dihindari dengan cara : merancang tempat kerja dengan posisi pergelangan tangan yang nyaman, posisi monitor yang tepat dan tempat kaki.

RSI bukan satu-satunya penyakit terkait pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Sakit punggung dan leher, kaki yang kram, dan sakit kaki juga merupakan akibat dari rancangan meja komputer yang tidak ergonomis.

CVS ( Computer Vision Syndrome )

Adalah kondisi mata yang tegang karena melihat layar monitor komputer untuk waktu yang lama. Gejalanya antara lain : meliputi sakit kepala, pandangan kabur, serta mata yang kering dan iritasi.

Techno Stress

Stress yang timbul dari penggunaan komputer. Gejalanya meliputi : mudah marah, perasaan tidak bersahabat dengan orang lain, tidak sabar, dan letih. Menurut para ahli, manusia yang bekerja terus menerus dengan komputer akan mulai mengharap orang lain bersikap seperti komputer, seperti memberikan respon yang instant, perhatian dan tidak adanya emosi.

(source : Management Information System ; Managing the Digital Firm)

You Might Also Like

0 komentar: