Langsung ke konten utama

Cara ‘Menuntut’ Gaji, Asertif Bukan Agresif


Menuntut kenaikan memang lumrah. Namun ada cara santun dan diplomatis untuk melakukannya. Berikut tips negosiasi gaji menurut Lawrence D Schwimmer, penulis buku How To Ask For A Raise Without Getting Fire:

• Kemukakan keinginan Anda secara asertif, bukan agresif. Jangan menyembunyikan apapun yang Anda inginkan. Komunikasikan secara jujur dan tepat. Bila kenaikan gaji yang Anda inginkan dinilai terlalu tinggi, Anda bisa menegosiasikannya ke nilai yang lebih wajar.

• Jangan mengedepankan emosi, dengan langsung memutuskan keluar dari perusahaan bila keinginan ditolak.

• Antisipasi terlebih dahulu segala kekhawatiran dan kecemasan dalam benak Anda. Terutama bila Anda berpikir kenaikan yang Anda minta sudah pernah dilakukan karyawan lain sebelumnya. Siapkan tiga atau empat kalimat pembuka negosiasi yang meyakinkan pimpinan.

• Tentukan batasan. Artinya, jangan meminta kenaikan gaji yang umum. Tapi tentukan ukuran kenaikan tertentu. Di samping itu, minta jawaban pasti dalam waktu dua minggu. Jangan memberikan batasan jawaban dalam waktu yang panjang.

• Bawa rekaman data mengenai apa saja yang telah Anda lakukan untuk perusahaan. Untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu Anda meminta kenaikan gaji, simpan data tersebut dalam sebuah file khusus. Terutama hasil kerja selama enam bulan terakhir atau satu tahun terakhir.

• Bila Anda merasa bakal gugup saat menghadap atasan, berlatihlah berbicara di depan kaca. Ucapkanlah berulang kali kalimat yang akan Anda sampaikan. Sehingga saat bernegosiasi Anda tampil percaya diri dan jelas menyebut berapa persen kenaikan yang Anda inginkan.

• Pilih waktu dan tempat bernegosiasi yang pas. Sehingga Anda dan atasan bisa nyaman saat melakukan negosiasi. Usahakan untuk melakukannya secara tatap muka, dan jangan langsung mengungkapkan alasan pertemuan tersebut.

• Negosiasi tidak hanya meminta kenakan gaji semata. Namun Anda juga bisa meminta beberapa hal lainnya. Misalnya satu hari ekstra untuk berlibur. Meski meminta satu hari ekstra untuk berlibur sepertinya permintaan kecil. Namun hari tersebut akan bisa membawa perbedaan besar pada kebahagiaan Anda di waktu yang panjang. Atau bekerja dari rumah. Selama teknologi terus berkembang, semakin memudahkan Anda untuk mengerjakan tugas-tugas kantor dari rumah. Jadi saat menegosiasikan kenaikan gaji, Anda juga bisa meminta untuk sekali-kali bisa bekerja dari rumah. titis jatipermata

sources : surya.co.id

Komentar

  1. haiah... laporan kunjungan di depan deket penjagaan..hehehe... thx 4 visit... :P

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome to the world Baby Kaihito Artagora

Dear Blogger, Drama perhamilan udah kelar, baby Hito udah lahir dengan persalinan normal di RS DKT Gubeng Pojok dengan dibantu mbak perawat//bidan karena kelamaan kalo nunggu dokternya. No problemo :) Agak kaget dengan persalinan yang "lumayan" kilat, cuman 3.5 jam dari bukaan 1 s/d brojol, mengingat kakaknya dulu drama bukaan persalinan sampai 20jam :D Jam 02.30 berangkat dari rumah Gresik ke Perak dulu untuk naro kakaknya biar tidur di tempat mbahnya Jam 03.30 sampai di IGD DKT Gubeng Pojok bukaan 1 Jam 05.00an selesai Sholat Subuh ketuban pecah, cek bukaan 7, langsung pindah ke Ruang Bersalin Jam 05.40 #buumm Hito keluar dengan proses persalinan normal, terbelit tali pusat 1x, ditolong oleh mbak perawat/bidan 2 orang dan saya bagian megang kakinya. Setelah itu, baru Hito dibersihkan dan diukur,  51cm dan 3,5kg :D agak jumbo ya. Ambil wudhu dan langsung saya adzan di telinganya, baru setelah itu ngabar-ngabarin ke para orang tua deh kalo udah lahir

Billboard

Billboard Advertising, merupakan salah satu media promosi yang dipasang di tempat-tempat yang strategis dan mudah dilihat. Penggunaan Billboard sebagai media iklan hakikatnya serupa TV, jika Anda memanfaatkannya hanya dalam waktu yang pendek, maka pesan yang disajikan pada Billboard tersebut tidak akan pernah melekat di alam bawah sadar khalayaknya. Nah untuk itu berikut ada 8 tips Billboard Advertising, diantaranya : 1. Visibilitas Billboard itu harus mempunyai visi, apakah pesan iklan yang disampaikan mudah dicerna atau mudah dibaca?. Pertimbangkan ruang lingkup dan pencahayaannya, gambar dan warna yang kontras, serta menyimpan pesan dan desain yang sederhana. 2. Perhatikan waktu Ruang periklanan biasanya membutuhkan pesan Anda untuk disampaikan dalam waktu yang sangat singkat. Pesan yang efektif dapat dikomunikasikan dalam sepuluh detik atau kurang. Ingat, kebanyakan khalayak yang melihat Billboard adalah pengendara mobil/motor diantara kemacetan lalu lintas yang luar biasa yang ses

Hati-Hati Memilih Pakaian Saat Wawancara

Cara berpakaian pada waktu melamar pekerjaan ternyata juga bisa menentukan diterima atau tidaknya Anda. Karena bukankah cara berpakaian bisa mencerminkan kepribadian Anda? Bagaimana cara berpakaian yang pantas dipakai interview? Coba tanya ke 100 orang, pasti mereka menjawab,” Berpakaianlah yang konservatif!”. Berikut adalah saran apa yang sebaiknya jangan dilakukan dalam berpakaian saat wawancara kerja. Anna Soo Wildermuth, konsultan penampilan dan presiden mendatang di Association of Image Consultants Internationalmenyatakan,”Cara berpakaian adalah menunjukkan siapa diri Anda, dan itu sudah jelas,”. Ia lantas memberikan tips 10 cara penampilan yang perlu dihindari ketika tiba saat interview: 1. Cat kuku menyolok. Bagi pria dan wanita. Kuku yang terlalu panjang atau tidak dipotong sebaiknya dihindari. Kuku Anda harus terawatt dan rapi. 2. Memakai banyak perhiasan. Jangan memakai lebih dari 2 cincin di tangan atau satu anting di telinga. Jangan ada perhiasan di muka atau gelang kaki sa